Rabu, 14 Maret 2012

Childhood Then vs Now


Sekarang aku mau bahas tentang childhood a.k.a masa kanak2 , kita semua pernah merasakan masa kanak2 yang indah bukan? pasti ingat dong dengan kekonyolan kita dulu.. Well yang bakal aku bahas adalah masa kecil jaman sekarang dan jaman kita kecil dulu. Ini terinspirasi dari adik-adikku yang masih kecil

  Akhir-akhir ini aku mengeluhkan kelakuan adikku karena mereka liburan hanya main game komputer di rumah, wajar sih tapi juga harus diimbangi dengan kegiatan outdoor, aku coba tanya : "kok ga main di luar sih? sekali-kali main dong sama temen2mu" dan adikju bilang : "mereka juga pada main komputer di rumah"... der! Aku pun sadar tinggal di perumahan di daerah perkotaan yang otomatis setiap rumah pasti punya barang2 virtual mainan anak2 jaman sekarang dan memang begitu kenyataannya. Handphone, PS, xBox, laptop, komputer, psp, dll. bukan barang asing lagi

  Aku coba bandingkan masa kecilku dengan masa kecil adikku, aku juga sudah tinggal di perumahan ini sejak dulu. Tapi agaknya masa kecilku lebih indah. Setiap
sore aku dab teman-teman bermain bola sepak di jalan, beberapa bermain petak umpet. Pokoknya jalan perumahan ramai oleh anak-anak sepanjang sore. Beberapa ibu2 kepayahan menyuruh anak mereka mandi, hihi. Hanya Adzan maghrib yang bisa menghentikan aktifitas kami. Kami pun mandi dan pergi ke masjid bersama. Setelah sholat kami ngobrol dan bercanda sampai isya'. Malam haripun masih ramai, bahkan jika besoknya libur kami bermain petak umpet atau balap sepeda sampai larut malam, seems legit :D di pagi harinya jika hari libur kami jalan2 sampai alun-alun kota, beberapa anak sepedaan. Setelah itu biasanya kami main di kebun, mencuri ketela,timun dan buah talok, hehehe.. Tidak lupa kami main ke sumber pengairan untuk bermain air dan mencari ikan, sangat menyenangkan, i miss that time :')

  Sekarang kita bandingkan dengan masa kecil anak jaman sekarang, dijamanku kecil teknologi belum banyak masuk. Beda dengan sekarang karena pengaruh globalisasi. Bayangkan, adikku sudah bisa mengakses komputer sejak umur 3 tahun. Itu artinya dia sudah kenal teknologi sejak dini hasilnya masa kecilnya pun dihabiskan dengan mainan virtual. Virtual game itu emang addicted banget! sumpah, aku ngomong gini karena pernah merasakan juga dan sampai sekarang masih :p so buat old generation yang benci sama virtual game pasti belum pernah merasakannya. Oke kembali ke topik, jadi kerjaan adikku dari bangun tidur langsung menghadap di depan komputer, memainkan jari2nya dan melebur dengan game tersebut, begitu juga dengan teman2nya, memang adikku punya banyak teman tapi teman dia juga sama saja. Sering teman2 adikku main ke rumah dan... Mereka ada di ruang komputer, main game bersama2.

  yah itulah perbedaannya, masa kecilku lebih liar karena belum bertemu teknologi secara penuh.. Tapi masa kecilku lebih menyenangkan dan... Memorable banget! So saranku buat anak2 jaman sekarang : mainlah keluar ndul! lihat dan explore dunia sekitarmu

Udah. aku ga mau bahas sampai hal2 yang lebih spesifik karena itu urusan kak seto!

Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

____________________________________________________________________________________